Selalu Bersikap Optimis

Oke.! Sobat pena..kita perlu tahu bahwa keberhasilan itu tentunya dapat kita raih,  tentunya hal itu tidaklah perkara yang mudah, akan tetapi hal yang perlu kita miliki dalam proses meraih keberhasilan yaitu sikap OPTIMIS(percaya diri) karna syekh syarifuddin yahya al-imrity berkata

 ﺫِ ﺍْﻟﻔَﺘَﻰ ﺣَﺴْﺐَ ﺍﻋْﺘِـــﻘَﺎﺩِﻩِ ﺭُﻓِﻊ *** ﻭَﻛُﻞُّ ﻣَﻦْ ﻟـَﻢْ ﻳَﻌْﺘَﻘِﺪْ ﻟَـﻢْ ﻳَﻨْﺘَﻔِﻊْ

Keberhasilan seorang pemuda itu dapt diraih dengan keoptimisannya dan setiap orang yang tidak optimis tidak akan mendapat kemanfaatan

Kesimpulannya setiap orang itu harus mempunyai sikap optimis yang ditanamkan pada dirinya sendiri karna itu sngat penting dan dapat menunjang keberhasilan kita

Walaupun jenuh dan lelah sering kita temui tatkala menghadapi rintangan itu merupakan hal yang wajar dirasakan oleh sebagian manusia. Sehingga dalam pikiran selalu terdorong untuk menyerah dan berputus asa padahal proses kehidupan masih terus berjalan tanpa henti hingga kita dipanggil kepadanya.

Dalam Al-quran, kita sudah diajarkan dan dicontohkan untuk tidak gampang berputus asaseperti yang dicontohkan dalam surat Al-hijr ayat 56 “Dia (Ibrahim) berkata : “tidak ada orang yang berputus asa dari rohmat tuhanyya kecuali orang yang sesat.”

Dan juga digambarkan dalam surat yusuf ayat 87,”Wahai anak-anakku, pergilah kalian dan carilah berita mengenai yusuf dan saudaranya, Dan jannganlah kalian berputus asa dari rohmat Allah.Sesungguhnya tidaklah ada yang berputus asa dari rohmat Allah kecuali orang-orang kafir.”

Oleh karena itu,ketika kita sedang berputus asa, bersegeralah untuk berubah dan membangun sikap yang pantang menyerah. Merupakan sikap baik untuk tidak gampang berputus asa melakukan sesuatu.dalam sikap seperti ini sangat dibutuh kan semangat yang luar biasa dan disertai keyakinan penuh bahwa allah selalu memberikan rohmat kepada hambanya 

Sikap untuk pantang menyerah harus selalu ditumbuhkan dan dijaga keberlangsungan dalam diri kita, karena sikap ini akan lebih banyak membantu mencapai apa yang dicita-citakan 

Ada beberapa tips untuk menumbuhkan dan menjaga sikap pantang menyerah diantarannya:

Berfikirlah bahwa kita akan diberi umur panjang dan berfaedah. 

    Dengan berfikir diberi umur panjang dan berfaedah, kita akan selalu bersemangat untuk mencari bekal guna menebar kebaikan.

Memiliki keyakinan bahwa kita pasti bias dengan selalu berprasangka baik kepada allah 

    Manusia adalah manusia Allah yang diberikan kelebihan berupa akal, sehingga apapun dan seberat apapun masalah yang manusia hadapi, maka allah pasti sudah memberikan jalan.

Selalu mengingat kembali berbagai nikmat dan rasa bahagia yang telah diberikan allah selama ini. 

    Cerminan keberhasilan dimasa lalu yang telah diberikan alllah akan terus mempengaruhi alam bawah sadar kita, bahwa allah memberikan yang terbaik kepada hambannya. Hingga muncul rasa    syukur terhadap diri kita, dan rasa syukur inilah yang akan terus memberi semangat untuk tidak mudah menyerah.

Teruslah bersikap optimis

    Sikap optimis itu kuncinya di prasangka  kita, oleh karena itu teruslah berprasangka baik kepada allah, karena dia akan memberi sesuai dengan prasangka hambanya.

Ingatlah bahwa selalu ada allah

    Harapan itu akan selalu ada kalau kita hanya berharap kepada allah semata. Ketika dalam fikiran     kita selalu tertanam bahwa”semua itu pemberian allah untuk dipergunakan kembali hanya kPda allah.” Insyaallah dengan adannya tips-tips diatas tidak ada beban bagi kita untuk berputus asa”.

 

                                                                                                                                Ahmad Qomarudin

                                                                                                                                Wakil Pimred PENA MABU

 

Belum ada Komentar untuk "Selalu Bersikap Optimis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel